BERPIKIR KOMPUTASI
Struktur Data
Struktur data adalah cara menyimpan, mengambil, dan menyusun data. Struktur data memungkinkan data yang ada di komputer lebih mudah diakses dan diperbarui.
Tree Data
Dalam ilmu komputer, pohon adalah tipe data abstrak yang digunakan secara luas yang mewakili struktur pohon hierarkis dengan kumpulan simpul yang terhubung. Setiap simpul di pohon dapat dihubungkan ke banyak anak (tergantung pada jenis pohon), tetapi harus dihubungkan ke tepat satu induk, [1] kecuali untuk simpul akar , yang tidak memiliki induk (yaitu, simpul akar sebagai simpul paling atas dalam hierarki pohon). Batasan-batasan ini berarti tidak ada siklus atau "loop" (tidak ada simpul yang dapat menjadi leluhurnya sendiri), dan juga bahwa setiap anak dapat diperlakukan seperti simpul akar dari sub-pohonnya sendiri, menjadikan rekursi sebagai teknik yang berguna untuk melintasi pohon . Berbeda dengan struktur data linier, banyak pohon tidak dapat direpresentasikan oleh hubungan antara simpul-simpul tetangga (simpul induk dan anak dari suatu simpul yang dipertimbangkan, jika ada) dalam satu garis lurus (disebut tepi atau tautan antara dua simpul yang berdekatan).
Pohon yang tidak diurutkan ini memiliki nilai yang tidak unik (misalnya, nilai 2 ada di node yang berbeda, tidak hanya di satu node) dan bersifat non-biner (hanya hingga dua node anak per node induk dalam pohon biner). Node akar di bagian atas (dengan nilai 2 di sini), tidak memiliki induk karena merupakan node tertinggi dalam hierarki pohon.
Graph Data
Dalam ilmu komputer , grafik adalah tipe data abstrak yang dimaksudkan untuk mengimplementasikan konsep grafik tak berarah dan grafik berarah dari bidang teori grafik dalam matematika. Grafik berarah dengan tiga titik sudut (lingkaran biru) dan tiga sisi (panah hitam). Struktur data grafik terdiri dari sekumpulan titik (yang mungkin bisa berubah) yang terbatas (juga disebut node atau titik ), bersama dengan sekumpulan pasangan titik yang tidak berurutan untuk grafik yang tidak berarah atau sekumpulan pasangan berurutan untuk grafik berarah. Pasangan ini dikenal sebagai edge (juga disebut link atau garis ), dan untuk grafik berarah juga dikenal sebagai edge tetapi terkadang juga disebut arrow atau arcs . Titik dapat menjadi bagian dari struktur grafik, atau dapat menjadi entitas eksternal yang direpresentasikan oleh indeks atau referensi integer. Struktur data grafik juga dapat mengasosiasikan ke setiap sisi beberapa nilai sisi , seperti label simbolik atau atribut numerik (biaya, kapasitas, panjang, dsb.).
Algoritma
Algoritma merupakan sekumpulan instruksi atau langkah-langkah yang dituliskan secara sistematis dan digunakan untuk menyelesaikan masalah / persoalan logika dan matematika dengan bantuan komputer (Sismoro, 2005, 29).
Definisi Algoritma Menurut Para Ahli
- Menurut Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi, Seorang Matematikawan Islam dari Uzbekistan. Algoritma adalah suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu persoalan yang ada.
- Menurut Goodman dan Hedetniemi, penulis buku “Introduction to the Design and Analysis of Algorithms“. Algoritma merupakan Urut-urutan terbatas dari operasi terdefinisi dengan baik, yang masing-masing membutuhkan memory dan waktu yang terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah.
- Menurut Donald Ervin Knuth, seorang ilmuan terkenal dalam bidang komputerisasi. Algoritma yaitu Sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus.
- Menurut Seymour Lipschutz dan Marc Lipson, keduanya penulis buku tentang aljabar dan seorang praktisi matematika dan komputer. Algoritma merupakan suatu daftar langkah demi langkah yang terhingga dari instruksi-instruksi yang terdefinisikan dengan jelas yang dipakai untuk permasalahan tertentu.
- Menurut Marvin Minsky, seorang Ilmuwan dibidang Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence). Algoritma adalah seperangkat aturan yang memberitahukan kepada kita dari waktu ke waktu, tepatnya bagaimana untuk bertindak.
- Menurut David Bolton, seorang praktisi dibidang teknologi asal Australia. Algoritma merupakan sebuah deskripsi suatu prosedur yang berakhir dengan sebuah hasil.
- Menurut Andrey Andreyevich Markov, Matematikawan asal Rusia. Algoritma adalah hal umum untuk dipahami sebagai suatu keputusan yang tepat untuk mendefinisikan proses komputasi yang mengarahkan dari data awal hingga hasil yang diinginkan.
- Menurut Romi Satria Wahono, salah satu praktisi Komputerisasi terbaik dari indonesia pemilik dari situs ilmukomputer.com. Algoritma adalah logika, metode dan tahapan (urutan) sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan.
Ekspresi dan Operasi Logika
Ekspresi atau ungkapan dalam bahasa pemrograman adalah kombinasi dari nilai-nilai eksplisit, konstanta, variabel, operator, dan fungsi yang ditafsirkan menurut aturan prioritas tertentu dan asosiasi untuk sebuah bahasa pemrograman tertentu, yang menghitung dan kemudian menghasilkan (kembali, dalam lingkungan penuh keadaan) nilai lain. Proses ini, seperti untuk ekspresi matematika, disebut evaluasi. Nilainya bisa dari berbagai jenis, seperti numerik, untaian, dan logis.
Dalam logika, operator logika atau perangkai logika merupakan simbol logika yang dipakai untuk menghubungkan rumus-rumus logika.Operator logika pada umumnya meliputi negasi, disjungsi, konjungsi, implikasi dan kesetaraan . Dalam sistem logika klasik yang standar, operator-operator tersebut dipandang sebagai fungsi kebenaran, yakni fungsi yang menerima suatu nilai kebenaran (benar atau salah) dan menghasilkan nilai kebenaran yang baru. Sedangkan dalam logika non-klasik ada beberapa interpretasi berbeda terkait definisi dari operator-operator tersebut. Interpretasi klasik dari setiap operator tersebut mirip dengan ungkapan "tidak", "atau", "dan", dan "jika" dalam bahasa alami seperti Bahasa Indonesia, walau tidak identik.
Flowchart
Flowchart atau bagan alur adalah diagram yang menampilkan langkah-langkah dan keputusan untuk melakukan sebuah proses dari suatu program. Setiap langkah digambarkan dalam bentuk diagram dan dihubungkan dengan garis atau arah panah.
Flowchart berperan penting dalam memutuskan sebuah langkah atau fungsionalitas dari sebuah proyek pembuatan program yang melibatkan banyak orang sekaligus. Selain itu dengan menggunakan bagan alur proses dari sebuah program akan lebih jelas, ringkas, dan mengurangi kemungkinan untuk salah penafsiran. Penggunaan flowchart dalam dunia pemrograman juga merupakan cara yang bagus untuk menghubungkan antara kebutuhan teknis dan non-teknis.
Komentar